Kesehatan

Mencegah Kegemukan Dengan ASI

 

 

 

 

Manfaat ASI (air susu ibu) pada bayi sangat penting sehingga ASI tidak tergantikan oleh makanan lainnya. ASI terdiri dari banyak vitamin dan protein yang mudah diserap oleh tubuh, selain itu ASI juga mengandung garam yang baik untuk imunitas.

ASI tidak hanya memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk daya tahan tubuh, tetapi ASI juga bermanfaat pada bayi untuk mengurangi resiko terkena obesitas (kegemukan).

Dalam acara Breastfeeding Gives A Lives di Jakarta, konselor laktasi Dr. Galih Linggar Astu mengungkapkan ”Dengan memberikan ASI dapat mengurangi obesitas, karena ASI makanan setengah jadi yang mengandung enzim-enzim yang membantu pencernaan. Pada ASI, asam lemak rantai lemak tak jenuhnya juga lebih panjang, yang baik untuk pembentukkan enzim-enzim tubuh. Kemudian dalam ASI juga sudah ada enzim yang dapat mencerna lemak yaitu enzim lutein.”

di dalam kandungan ASI terdapat lemak tak jenuh yang tingginya 34%, sehingga ASI mempunyai asam lemak tak jenuh rantai panjang (polyunsaturated fatty acids). Sementara itu susu formula dapat menyebabkan obesitas karena memiliki lebih banyak asam lemak tak jenuh rantai pendek, sedangkan lemak tak jenuh nya hanya 3%.

Banyak ibu yang khawatir bayinya akan kegemukan karena meminum ASI dalam jangka waktu 2 jam sekali, dibandingkan dengan bayi yang meminum susu formula yang membuat bayi lebih tahan lapar. Tetapi, menjelaskan agar para ibu tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

”Dengan minum ASI jadi mudah lapar karena ASI makanan setengah jad sehingga cepat diserap tubuh yaitu selama 2 jam, sementara kalau susu formula tahan 4-6jam karena ia mengendap dahulu, sehingga lebih tidak mudah lapar. Tapi bayi tidak akan obesitas karena didalam ASI ada anti obesitasnya.”

”Bagaimana pun kita berusaha meniru, susu formula tetapi tidak bisa menggantikan ASI,”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Mengobati Migrain. Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang paling sering menyerang satu sisi kepala saja, kadang berpindah ke sisi sebelahnya, namun tak jarang pula mengenai kedua sisi kepala sekaligus. Sakit kepala ini seringkali disertai rasa mual dan muntah. Biasanya penderita akan sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan.

Penyebab penyakit ini masih belum begitu jelas. Diperkirakan, adanya hiper aktifitas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak,akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Hal ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Faktor genetik diketahui berperan terhadap timbulnya migrain.
Penyakit ini bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Seperti yang dikutip dari Conectique, untuk melawan migrain, Anda bisa mengikuti beberapa cara alami berikut :

Jahe
Jahe juga berkhasiat untuk membantu mengurangi nyeri kepala Anda. Tanaman ini bertindak sebagai obat anti alergi dan juga anti radang, sehingga sangat efektif untuk mencegah migrain menjadi semakin bertambah buruk.

Omega 3
Omega 3 yang terdapat pada ikan, khususnya ikan salmon, juga terbukti efektif dalam melawan nyeri kepala akibat migrain.

Magnesium
Jenis makanan yang kaya akan magnesium seperti yang terdapat dalam jenis sayur bayam, kacang polong dan labu juga dapat mengurangi serangan migrain yang muncul tiba-tiba.

Vitamin B2
Asupan makanan kaya akan vitamin B2 dapat meningkatkan energi pada otak dan sel-sel otot. Sumber vitamin ini sama efektifnya dengan aspirin yang sudah Anda ketahui khasiatnya dalam mengurangi dan mengatasi migrain. Dipresumsikan bahwa vitamin B2 membantu mengurangi pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan migrain.

Kafein
Kafein efektif untuk mengurangi sakit kepala. Khasiatnya hampir sama dengan ibuprofen. Jika Anda mengkombinasikan keduanya, kafein dan ibuprofen maka akan mendapatkan hasil yang baik, namun perlu sangat hati-hati dengan dosis atau takarannya. Terkadang kafein juga bertanggung jawab atas munculnya rasa nyeri pada bagian kepala Anda.Kafein ini bisa Anda temukan pada kopi atau teh.

Konsumsi Karbohidrat
Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Kandungan zat ini banyak terdapat pada roti gandum, nasi dan pasta. Fungsinya adalah membantu memberikan energi yang tubuh Anda butuhkan, sehingga dapat membantu mengurangi intensitas munculnya migrain dan mencegahnya bertambah parah.

Aromaterapi
Cara lain yang terbilang ampuh untuk mengatasi migrain adalah dengan aromaterapi. Pilihlah aroma wewangian apel hijau yang diketahui efektif dalam mengurangi nyeri sakit kepala Anda.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: